Jumat, 12 Agustus 2011

Tips Agar Baterai Laptop Tidak cepat rusak

Sebenarnya sudah banyak sekali sahabat blogger yang share tentang Tips Agar Baterai Laptop Tidak cepat rusak/tetap memiliki performa bagus tapi tidak ada salahnya remix-7 kembali share disini sebagai tambahan pengetahuan supaya kita semua tau cara merawat baterai laptop dengan benar. Oke langsung saja, berikut tips-tips tersebut:


1. Letakan laptop pada alas yang keras.

Panas adalah salah satu musuh utama element baterai, jika Anda meletakan laptop pada alas yang soft seperti bantal misalnya maka panas yang keluar akan diserap lebih baik anda letakkan laptop anda pada lantai, meja atau sebagainya yang keras juga, lebih baik lagi kalau anda punya kipas pendingin anda bisa menggunakannya supaya suhu laptop anda tetap stabil.

2. Gunakan Listrik yang stabil

Ketika Anda melakukan charge baterai perhatikan listrik yang dikonsumsi oleh adaptor, hindari listrik yang bervoltase tidak stabil.

3. Haruskah baterai dicopot?

Jawabannya Ya dan Tidak. Jika laptop Anda dilengkapi dengan kempuan switch ketika baterai sudah terisi penuh maka langsung dialihkan ke daya adaptor, maka sebenarnya tidak perlu mencopot baterai, Namun jika tidak maka Anda bisa mencopot baterai dengan pertimbangan limetime elemen baterai. Perlu Anda pertimbangkan ketika akan mencopot baterai, apakah listrik ditempat Anda bagus? Karena ketika Anda tidak menggunakan baterai maka daya yang masuk murni berasal dari listrik dan jika listrik mati, maka laptop akan kehilangan daya.

4. Defrag Hard Disk
Lakukan defrag harddisk secara teratur, dengan defrag yang teratur maka kinerja harddisk akan lebih baik dan secara otomatis akan mengurangi beban baterai

5. Matikan Laptop Saat Mencharger
Kebanyakan orang mencharger laptopnya sambil menghidupkan laptopnya sebenarnya kebiasaan seperti ini tidak baik bagi baterai, memang dampaknya tidak terasa dalam jangka pendek tapi akan terasa dalam jangka panjang. Jika kebiasaan ini terus dilakukan maka daya tahan baterai akan melemah.  
6. Kontak Baterai

Bersihkan kontak baterai Anda dengan kain yang dibasahi alkohol setiap sebulan sekali, agar transfer daya baterai tetap lancar.

7. Power Option

Gunakan pilihan Optimize, yang mana pilihan tersebut akan menggunakan maximum baterai untuk menampilkan effect maximal.

8. External Device

Jangan terlalu lama bekerja dengan external device, jika Anda menggunakan external harddisk sebaiknya file tersebut dipindahkan dan dialihkan kedalam harddisk. matikan wifi, Bluetooth, atau external device lain jika tidak digunakan.

9. RAM

Lebih besar kapasitas RAM lebih baik, kenapa? karena jika RAM terlalu kecil maka ketika menangani pekerjaan besar akan meningkatkan kinerja virtual memory  yang mana virtual memory ini mengkonsumsi daya yang lebih besar.

Demikian tips-tips agar Baterai Laptop Tidak cepat rusak mudah-mudahan bermanfaat buat sahabat sekalian.

Artikel Terkait

Tips Agar Baterai Laptop Tidak cepat rusak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

5 komentar

12 Agustus 2011 13.52 delete

yah saya udah terlambat baca artikelnya sekarang baterai laptop saya sudah ancur kadang2 mati sendiri kalo lagi di pake suka kesel juga sih... ada tipsnya gak sob buat baterai yang sudah ngdrop?? please HEEEEEEEELP ME :((

Reply
avatar
12 Agustus 2011 17.47 delete

wah klw ane bisa klw pake laptop batre sama colkan di jadiin satu :(

Reply
avatar
15 Agustus 2011 04.54 delete

@Blogcunayz: hmm,. klo uda ngedrop gak bisa pulih lagi biasanya sob,. sebaiknya lakukan tips2 diatas agar tidak tambah ndrop, oke sob :-)

@EX-DOT : Sebaiknya jangan terus-menerus gtu gan,. pngalaman batre laptop akan sangat cepat mengalami kerusakan gan,. ok gan :)

Reply
avatar
20 Agustus 2011 23.54 delete

Kalau udah ngedrop bisa diakalin masukin batre ke Frezzer (Lemari Es) beberapa jam min 1 Jam. inshaallah bisa normal lagi kemudian lakukan perawatan sesuai yang diarahkan diatas... selamat mencoba pengalaman sendiri

Reply
avatar
21 Agustus 2011 01.00 delete

@Sari: Hmm,. Pengetahuan baru ni mbak sari,. Trims uda datang dan berkomentar :)

Reply
avatar

Tinggalkan Jejak, Meriahkan Berkomentar secara sopan :-)
Memasukkan link ke dalam komentar adalah SPAM, maka akan dihapus