Jumat, 09 Maret 2012

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Pada Kulit Kepala

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Pada Kulit Kepala - Ketombe merupakan salah satu dari beberapa gangguan pada kepala yang menyebabkan rasa gatal di kulit kepala. Ketombe terkadang sangat sulit untuk dihilangkan tergantung dari pribadi seseorang seberapa serius upaya untuk mengatasinya. Selain menimbulkan rasa gatal,  ketombe juga mengganggu keindahan rambut dan bisa menimbulkan kerontokan. Jika hal ini tidak segera di atasi lambat laun akan terjadi kerontokan yang lebih parah lagi. Apakah hal ini terjadi pada Anda? jangan khawatir sebab ada cara berikut ini  yang mudah dan murah yang dapat anda gunakan untuk mengatasi gangguan ketombe tersebut.

Ketombe disebabkan oleh terlepasnya sel-sel kulit kepala yang sudah mati dalam jumlah berlebihan. Sel-sel kulit tersebut berupa serpihan lembut yang berwarna perak keabu-abuan. dan ketombe tidak memandang jenis kulit kepala apakah kering atau berminyak. faktor lainnya yang menyebabkan rambut berketombe yaitu kulit kepala terkena debu atau polusi, penggunaan kosmetik rambut, mikro organisme, kurang asupan gizi, sering berenang dan berjemur di bawah sinar matahari serta pengaruh dari hormon dalam tubuh
Untuk mengatasi rambut berketombe sebenarnya tidak terlalu sulit, salah satunya adalah dengan cara membuang stress dengan istirahat yang cukup dan menggunakan shampoo yang mengandung sulfur karena bisa menurunkan lemak yang menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala.
Selain hal itu, ada beberapa tips untuk mengatasi ketombe, yaitu :
  • Jangan menggaruk kulit kepala karena hal ini bisa menyebabkan kulit kepala lecet dan menimbulkan infeksi sekunder
  • Pakailah shampo anti ketombe secara teratur yang mengandung Zinc Pyrithione (ZPT), karena shampo jenis ini mempunyai efek anti bakteri dan jamur yang dapat mencegah atau mengurangi timbulnya serpihan kulit dan menghilangkan rasa gatal di kepala.
  • Hindari pemakaian minyak rambut, gel atau hair spray secara berlebihan karena dapat memicu pertumbuhan jamur kulit.
  • Makanlah makanan yang mengandung vitamin B untuk menjaga kesehatan rambut, seperti kuning telor, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran.

Artikel Terkait

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Pada Kulit Kepala
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tinggalkan Jejak, Meriahkan Berkomentar secara sopan :-)
Memasukkan link ke dalam komentar adalah SPAM, maka akan dihapus